Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD
Tahun
Pelajaran ………….
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 10,11,12,13
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
Indikator :
·
Menyelesaikan
masalah yang melibatkan operasi hitung (+); (-); (x); (:), akar dan pangkat
·
Menyelesaikan
soal cerita tentang akar pangkat tiga dan volume
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung (+); (-); (x); (:),
akar dan pangkat
·
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita tentang akar pangkat tiga dan volume
Materi
Pokok : Operasi hitung bilangan
bulat
Metode
Pembelajaran : Ceramah
, Tanya jawab
Model Pembelarana tipe : STAD (Student Teams Achievement
Divisions)
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi menjadi 6 kelompok yang anggotanya heterogen
·
Siswa
mendengarkan penjelasan mengenai menyelesaikan soal ceritan yang melibatkan
operasi hitung (+); (-); (x); (:), akar dan pangkat
·
Setiap
kelompok diberi soal cerita untuk dikerjakan dikelompoknya, dan anggota yang
sudah mengerti menjelaskan kepada teman-temanya di kelompoknya sampai semuanya
paham
·
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu.
·
Siswa
dan guru mengevaluasi kegiatan.
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
· Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
-
Kurikulum,
Buku Matematika BSE, matematika penerbit Yudistira, Erlangga, Ganeca dan
LKS
Penilaian
- Bentuk
tes : Tulisan
-
Soal Tes
: Mengerjakan soal cerita di buku paket halaman 18 – 21
Penskoran
Skor
tiap soal = 2
Skor
maksimal = 30
Nilai
Akhir =
x 100
Parungpanjang, Juli 201...
Kepala Sekolah Guru Kelas
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD Islam
Tahun
Pelajaran. 201….
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 14
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
2.
Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar :
2.1 Mengenal satuan debit
Indikator :
·
Menentukan
satuan debit dalam lama waktu yang digunakan untuk memenuhi bak yang sudah
ditentukan volumenya
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
terampil menentukan debit dalam lama waktu yang digunakan untuk memenuhi bak
yang sudah ditentukan
Materi
Pokok :
Pengukuran (Volume,waktu)
Metode
Pembelajaran :
Ceramah, Tanya jawab
Model Pembelajaran tipe : CTL (Contextual Teaching Learning)
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
2.
Kegiatan Inti
·
Guru
menyediakan gelas ukur, stopwatch/jam
·
Siswa
dibagi 5 kelompok untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan debit
·
Masing-masing
kelompok menempati kran yang sudah ditentukan dengan membawa alat yang sudah
disiapkan yaitu stopwatch/jam dan gelas ukur
·
Masing-
masing kelompok memperhatikan dan mencatat lama waktu yang diperlukan untuk
mengisi gelas ukur 1 liter dengan menggunakan stopwatch/jam
·
Setiap
kelompok mengulangi kegiatan tadi dengan kran dibuka setengahnya saja
·
Masing-masing kelompok membandingkan hasil
kegiatan tersebut
·
Setiap
kelompok kembali ke kelas dan melaporkan hasil kerja kelompoknya
·
Dari
kegiatan tersebut siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian debit
·
Siswa
menyebutkan contoh dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan debit
·
Siswa
mendengarkan penjelasan cara mengubah debit dengan waktu dan volume yang
berbeda
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
·
Pemberian tugas individu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
-
Kurikulum,
Buku Matematika BSE, matematika penerbit Yudistira, Erlangga, Ganeca dan
LKS
Penilaian
- Bentuk
tes : Tulisan
- Soal Tes
:
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. 60 m3/menit =
… dm3/menit
2. 5.000 cm3/menit = …
dm3/menit
3. 3.000 cm3/menit = …
cm3/detik
4. 4.800 dm3/detik = …
dm3/menit
5. 720.000
cm3/menit = … dm3/detik
6. 180.000
dm3/detik = … m3/menit
7. 20 m3/menit
= … dm3/menit
8. 1.800 dm3/menit = …
dm3/menit
9. 400 dm3/menit =
… cm3/menit
10. 9.000 cm3/detik = …
dm3/detik
Kunci jawaban
1. 60.000 6. 10.800
2. 5 7. 20.000
3. 50 8. 30
4. 288.000 9. 400.000
5. 12 10. 9
Penskoran
Skor tiap soal = 1
Skor maksimal = 10
Nilai Akhir =
x 100
Kepala Sekolah Guru Kelas
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD Islam
Tahun
Pelajaran. 201..-201…
Mata
Pelajaran : I P A
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 9
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar :
1.3
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
Indikator :
·
Mengidentifikasi
alat perkembangbiakan generatif
·
Menjelaskan
pengertian penyerbukan dan pembuahan
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat mengidentifikasi
alat perkembangbiakan generatif
·
Siswa dapat menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan
Materi
Pokok : Perkembangbiakan tumbuhan
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, Tanya jawab
Model Pembelajaran tipe : TPS (Think Pair Share)
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
·
Memahami peta konsep
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa mengamati gambar
bunga yang disajikan
·
Siswa menyebutkan nama bagian-bagian bunga yang ditunjukkan guru
·
Siswa berdiskusi fungsi dari bagian – bagian bunga
tersebut
·
Siswa dibagi 5 kelompok dan melakukan tugas kelompok yaitu keluar dari
ruangan untuk mencari bunga
·
Masing-masing kelompok mendiskusikan bagian-bagian bunga yang didapatnya
dengan bantuan kaca pembesar dan menuliskan keterangannya di kertas
·
Setelah selesai siswa mengumpulkan hasil kerjanya dan membacakan hasil
diskusinya
·
Dari kegiatan tadi siswa mengetahui perbedaan bunga lengkap dan bunga tidak
lengkap
·
Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyerbukan pada bunga
·
Siswa mengidentifikasi perantara-perantara penyerbukan bunga
·
Siswa mendiskusikan proses penyerbukan dan pembuahan pada tanaman
·
Siswa dibantu guru mengevaluasi kegiatan tadi
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
·
Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Kurikulum,
Buku IPA BSE, IPA penerbit Yudistira, Erlangga, Grahadi dan LKS
Penilaian
- Bentuk
tes : Lisan dan Tulisan
- Soal Tes
:
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. Putik
adalah …
2.
Jika
serbuk sari jatuh ke kepala putik itu sendiri disebut penyerbukan …
3. Penyerbukan
tetangga adalah …
4.
Bunga
yang menghasilkan nektar berarti penyerbukannya dibantu oleh …
5.
Bagian
yang paling indah dari bunga adalah …
Kunci
Jawaban
1. Alat kelamin betina dari bunga
2. Penyerbukan sendiri
3.
Bila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke bunga lain tapi
masih satu pohon
4. Serangga
5. mahkota
Penskoran
Skor tiap soal = 2
Skor maksimal = 10
Nilai Akhir =
x 100
Kepala Sekolah Guru Kelas
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD Islam
Mata
Pelajaran : I P A
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 21
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
5.
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda
Kompetensi
Dasar :
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
Indikator :
·
Membedakan
pengertian dan fungsi konduktor & Isolator panas
·
Menyimpulkan
hasil percobaan tentang berbagai perpindahan panas
·
Membandingkan
cepat rambatnya hantaran panas pada bahan benda padat
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat membedakan pengertian dan fungsi konduktor & Isolator panas
·
Siswa
dapat menyimpulkan hasil percobaan tentang berbagai perpindahan panas
·
Siswa
dapat membandingkan cepat rambatnya hantaran panas pada bahan benda padat
Materi
Pokok : Konduktor dan isolator
panasa
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawb, eksperimen
Model Pembelajaran : IBL (Inquiri Based Learning)
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
·
Memahami peta konsep
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa mendengarkan
penjelasan tentang perbedan antara konduktor dan isolator
·
Siswa dibagi 5 kelompok yang anggotanya heterogen
·
Siswa dengan kelompoknya melakukan percobaan tentang perpindahan panas
(laboratoria 49-51)
·
Anggota kelompok mengamati cara kerjanya dan mendiskusikan hasilnya bersama
kelompoknya
·
Siswa menuliskan berbagai hal temuan dari percobaan tadi
·
Akan Siswa membuat kesimpulan
sementara
·
Setiap kelompok membacakan hasil pengamatannya didepan kelas serta
mengumpulkan laporan tertulisnya
·
Siswa berdiskusi dengan guru untuk menyamakan kesimpulan tentang percobaan
tadi yaitu tentang proses perpindahan panas
·
Siswa mengetahui proses perpindahan
panas
Radiasi adalah perpindahan panas tanpa zat perantara
Konveksi adalah perpindahan panas disertai perpindahan
zat perantaranya
Konduksi adalah perpindahan panas melalui zat perantara
·
Setiap
kelompok memperhatikan percobaan yang kedua untuk mengetahui cepat rambatnya
hantaran panas pada bahan benda padat ( ayo kita coba 4.2 hal.57 Yudhistira,
Laboratoria hal.53 BSE)
·
Masing-masing
kelompok mengamati dan hasilnya ditulis dalam bentuk tabel
·
Siswa
membandingkan cepat rambatnya hantaran panas pada bahan benda yang berbeda-beda
·
Siswa dibantu guru menyimpulkan kegiatan
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
·
Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Kurikulum,
Buku IPA BSE, IPA penerbit Yudistira, Erlangga, Grahadi dan LKS
Penilaian
Bentuk
tes :
-
Performance ( unjuk kemampuan dalam
mendeskripsikan hasil pengamatan dan diskusi)
- Lisan
dan Tulisan
Isilah titik –titik di bawah ini!
1. Konduktor adalah …
2. Isolator adalah …
3.
Panas dari matahari berpindah ke bumi secara …
4. Chandra
memasukkan sebagiangagang sendok ke dalam air panas. Ternyata, gagang yang
tidak tercelup ikut panas. Peristiwa
ini menunjukkan perpindahan panas secara …
5. Konveksi adalah …
Kunci Jawaban
1. Bahan
yang dapat menghantarkan panas
2.
Bahan
yang tidak dapat menghantarkan panas
3. Radiasi
4. Konduksi
5.
Perpindahan
panas disertai perpindahan zat perantaranya
Penskoran
Skor
tiap soal = 2
Skor
maksimal = 10
Nilai
Akhir =
x 100
Kepala Sekolah Guru Kelas
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD Islam
Tahun
Pelajaran. 201…-201….
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 30, 31
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
4.
Mengumpulkan dan mengolah data
Kompetensi
Dasar :
1.1 Mengumpulkan dan membaca data
Indikator :
·
Mengumpulkan data
·
Mengolah data
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa dapat mengumpulkan data
·
Siswa dapat mengolah data
Materi
Pokok :
Penyajian data
Metode
Pembelajaran :
Ceramah, Tanya jawab
Model Pembelarana tipe : Tari Bambu
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa
mendengarkan penjelasan cara mengumpulkan data
·
Semua
siswa berdiri berjajar di depan kelas saling berhadapan membentuk seperti dua
potong bambu
·
Siswa
diberi tugas untuk mengumpulkan data
a.
Data warna kesukaan
b.
Data bulan kelahiran
c.
Data nomor sepatu
·
Dua
siswa yang berpasangan dari kedua jajaran salaing berbagi informasi
·
Kemudian,
satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung
lainnya di jajarannya, jajaran ini
kemudian bergeser.
·
Masing-masing
siswa mendapatkan pasangan yang baru untuk berbagi informasi. Pergeseran
dilakukan terus sampai semua teman-temannya sudah terdata.
·
Siswa memahami bagaimana cara mengumpulkan data
·
Siswa
mendengarkan penjelasan cara mengolah data
·
Siswa
mengolah data dari data yang telah dikumpulkan tadi
·
Siswa memahami cara mengolah data
·
Siswa
dan guru mengevaluasi kegiatan.
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
· Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
-
Kurikulum,
Buku Matematika BSE, matematika penerbit Yudistira, Erlangga, Ganeca dan
LKS
Penilaian
- Bentuk
tes : Tulisan
-
Soal Tes
: mengumpulkan data 10 keluarga di sekitar rumah untuk mengisi tabel
Nomor
|
Nama Kepala Keluarga
|
Jumlah Anak
|
1.
|
…
|
…
|
2.
|
…
|
…
|
dst
|
Penskoran
Skor tiap soal = 1
Skor maksimal = 10
Nilai Akhir =
x 100
Kepala Sekolah Guru Kelas
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD Islam
Tahun Pelajaran. 201..-201..
Mata Pelajaran :
I P A
Kelas/semester :
VI (enam) / 2 (dua)
Pertemuan ke :
40,41
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan
iteraksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar :
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender masehi dan
kalender hijriyah
Indikator :
·
Menjelaskan
dasar perhitungan kalender masehi (syamsiah)
·
Mengidentifikasi
nama-nama bulan pada penanggalan masehi
·
Menjelaskan
dasar perhitungan kalender hijriah (komariyah)
·
Mengidentifikasi
nama-nama bulan pada penanggalan hijriah
·
Menjelaskan perhitungan tahun kabisat
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender masehi (syamsiah)
·
Siswa
dapat mengidentifikasi nama-nama bulan pada penanggalan masehi
·
Siswa
dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender hijriah (komariyah)
·
Siswa
dapat mengidentifikasi nama-nama bulan pada penanggalan hijriah
·
Siswa
dapat menjelaskan perhitungan tahun kabisat
Materi Pokok : Sistem Penanggalan Masehi
dan Hijriah
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, Tanya jawab
Model
Pembelajaran tipe : Student
Facilitator and Explaining
Langkah – langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
·
Memahami peta konsep
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa mengulang
pelajaran minggu lalu tentang akibat gerakan bumi dan bulan
·
Siswa mendengarkan penjelasan dasar perhitungan kalender masehi (Syamsiah)
·
Siswa menyebutkan nama-nama bulan pada penanggalan masehi
·
Siswa mengetahui acuan dasar dalam perhitungan kalender masehi adalah
revolusi bumi
·
Siswa menyimak penjelasan dasar penghitungan kalender Hijriah.
·
Siswa mengetahui acuan penghitungan kalender Hijriah yaitu revolusi bulan
·
Siswa menyebutkan nama-nama bulan pada penanggalan hijriah
·
Siswa membandingkan jumlah hari per bulan dalam satu tahun antara kalender
Masehi dan Kalender Hijriah
·
Masing-masing siswa membuat ringkasan dari penjelasan guru
·
Siswa di bagi dua kelompok, setiap siswa mencoba menjelaskan kembali di depan
teman sekelompoknya, sampai semuanya mendapat giliran
·
Siswa mengenal tahun kabisat
·
Siswa mendengarkan penjelasan cara menentukan tahun kabisat
·
Siswa
menyebutkan tahun-tahun kabisat berdasarkan penghitungan
·
Siswa dan guru mengevaluasi kegiatan
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
·
Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
-
Kurikulum,
Buku IPA BSE, IPA penerbit Yudistira, Erlangga, Grahadi dan LKS
Penilaian
-
Bentuk tes : Tulisan
-
Soal Tes :
Isilah titik-titik di
bawah ini!
1.
Perhitungan
kalender masehi berdasarkan …
2.
Musim dingin di belahan Bumi selatan terjadi pada tanggal
…
3.
Perhitungan
kalender Hijriah berdasarkan…
4.
Jumlah hari pada bulan Februari tahun kabisat adalah …
5.
Jumlah hari pada kalender Hijriah adalah …
6.
Bulan pertama kalender Hijriah adalah …
7.
Musim semi di Kutub Utara dan musim gugur di Kutub
selatan terjadi pada …
8.
Ciri-ciri tahun Kabisat Hijriah adalah …
9.
Ciri-ciri tahun kabisat Masehi adalah …
10. Selisih
perhitungan waktu antara Kalender Masehi dan Kalender Hijriah adalah …
Kunci Jawaban
1.
Revolusi
bumi
2.
21 Juni
– 23 September
3.
Revolusi
bulan terhadap bumi
4.
29 hari
5.
354 hari
6.
Muharam
7.
21 Maret
– 21 Juni
8.
Jumlah
harinya dalam setahun 355
9.
Jumlah
harinya dalam setahun 366
10.
11
Penskoran
Skor
tiap soal = 1
Skor
maksimal = 10
Nilai
Akhir =
x 100
, Desember 201…
Kepala Sekolah Guru Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar