Lampiran
2. Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta
Didik : ..............
Kelas/Semester : I
/ Ganjil
Teknik Penilaian : Penilaian
antar Teman
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk
menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap
peserta didik
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan Jawaban
|
Skor
|
||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||
1.
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||
2.
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||
3.
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||
4.
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||
5.
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
|||||||
MB
MK
MT
BT
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- x 100
= ...
Skor
maksimal
|
|||||||
Catatan:
|
|
||||||||
MB =
|
Membudaya (apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
|
||||||||
MK =
|
Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
|
||||||||
MT =
|
Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
|
||||||||
BT
=
|
Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
||||||||
Lampiran
3. Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas/Semester : I
/ Ganjil
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
Indikator : 3.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.2
Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.3 Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah berharakat dengan
benar
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Menyebutkan huruf hijaiyyah
|
Sebutkan Huruf hijaiyyah dan
harakatnya dengan baik dan benar!
|
2.
|
Menunjukkan huruf hijaiyyah
|
Tunjukkan huruf hijaiyyah dengan baik
dan benar!
|
3.
|
Menunjukkan huruf hijaiyyah berharakat
|
Tunjukkan huruf hijaiyyah berharakat
dengan baik dan benar!
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
SL
|
L
|
S
|
KL
|
TL
|
|||||||
1.
|
Menyebutkan
huruf hijaiyyah
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Menunjukkan
huruf hijaiyyah
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
Menunjukkan
huruf hijaiyyah berharakat
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
|||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
x 100
= ......
Skor
maksimal
|
|
||||||||
Catatan Kriteia:
|
|||||||||||
1. Sangat
Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan
lancar.
|
|||||||||
2. Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan
lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
|
|||||||||
3. Sedang
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan
lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
|
|||||||||
4. Kurang Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan
kurang lancar
|
|||||||||
5. Tidak Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyyah
|
|||||||||
Lampiran
4. Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu
:
Beri tanda (√) di kolom sudah atau belum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
Aku biasa
melafalkan huruf hijaiyyah
|
|
|
2.
|
Aku biasa
melafalkan harakat huruf hijaiyyah
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Tugas
kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, lafalkan huruf hijaiyyah secara
Berurutan
Lampiran
5. Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
Kelas / Semester : I / Ganjil
Kompetensi Dasar : 4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
Indikator : 4.1.1 Mendemonstrasikan
pelafalan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
4.1.2 Mendemonstrasikan
pelafalan huruf hijaiyyah berharakatdengan benar
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf
hijaiyyah
|
Lafalkan
huruf hijaiyyah dengan benar!
|
2.
|
Mendemonstrasikan pelafalan huruf
hijaiyyah berharakat
|
Lafalkan
huruf hijaiyyah danharakatnya dengan benar!
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
SL
|
L
|
S
|
KL
|
TL
|
|||||||
1.
|
Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah
berharakat
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
|||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
x 100
= ....
Skor
maksimal
|
|
||||||||
Catatan Kriteia:
|
|||||||||||
1. Sangat
Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyyah/harakatnya dengan lancar.
|
|||||||||
2. Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah
/harakatnya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
|
|||||||||
3. Sedang
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyyah/harakatnya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
kurangdari 5.
|
|||||||||
4. Kurang Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyyah/harakatnya dengan kurang lancar.
|
|||||||||
5. Tidak Lancar
|
:
|
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyyah/harakatnya.
|
|||||||||
Mengetahui,
Kepala SD.....
...............................................
NIP.
......................................
|
......................,
....................................
Guru
PAI dan Budi Pekerti
.................................................
NIP.
........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar