Format Silabus Edisi
|
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas : III (tiga)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud
dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2
Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3
Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha
Melihat dan Maha Mendengar
|
|||||
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3 Memiliki
perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al
Kautsar.
2.4 Memiliki
sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5 Memiliki
sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.6 Memiliki
perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7 Memiliki
sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.8 Memiliki
sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132
|
|||||
3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar
rumah dan sekolah.
4.1 Melakukan
pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar
rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha
Pencipta
|
Allah Swt Esa Pencipta alam semesta
|
Mengamati
·
Menyimak Q.S Al Ikhlas tentang keesaan
Allah SWT
· Mengamati diri dan
makhluk ciptaan Allah yang ada di sekitar rumah dan sekolah
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah SWT
sebagai Pencipta manusia dan alam semesta.
·
Mengajukan pertanyaan tentang awal penciptaan manusia (diri) dan alam
sekitar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan Allah adalah Esa, Pencipta manusia
dan alam semesta.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang pengamatan terhadap diri
dan alam semesta di sekitar rumah dan sekolah
·
Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi dengan sikap manusia terhadap
Allah SWT, diri dan alam sekitar dalam perilaku sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang Keesaan Allah, diri, dan alam
semesta.
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengenalan Allah dan pengamatan
terhadap diri dan alam semesta
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Melakukan pengamatan terhadap
ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada
di sekitar rumah dan sekolah
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
·
Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil
diskusi terkait dengan Keesaan Allah, peenciptaan mansia dan alam sekitar
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: - arti Q.S Al Ikhlas terkait dengan
Keesaan Allah Penciptaan diri manusia, dan alam semesta
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran al-Quran
·
Gambar/ Poster manusia dan
alam semesta
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.2 Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
4.2
Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim,
As-Sami‘ dan maknanya
|
Makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
|
Mengamati
·
Menyimak makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Mengamati lafal
dan arti Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal dan arti Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Wahhab, Al-‘Alim,
As-Sami‘ Allah SWT
dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
-
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: -
makna Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
|
4 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran al-Quran
·
Gambar/ Poster Asmaul Husna
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.3 Mengetahui
hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
4.3 Mencontohkan
perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi
hadits
|
Hadits
yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
|
Mengamati
·
Menyimak hadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
· Mengamati ciri-ciri perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang isi hadits
mengenai perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Mengajukan pertanyaan tentang iri-ciri perilaku mandiri, percaya
diri, dan tanggung jawab
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan isi
hadits
yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap dan perilaku mandiri,
percaya diri, dan tanggung jawab dengan sikap
dan perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku mandiri, percaya diri, dan
tanggung jawab
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap
ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dan sekolah
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
· Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya
diri, dan tanggung jawab
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang hadits yang terkait dengan perilaku mandiri,
percaya diri, dan tanggung jawab
|
4 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
· Gambar/ Poster
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.4
Mengerti makna shalat sebagai wujud dari
pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.1 Menunjukkan
contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.2 Mempraktikkan
tata cara shalat yang baik dan benar
|
Makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
|
Mengamati
·
Menyimak Q.S
al-Kautsar secara
individu/pasangan.
·
Mengamati makna Q.S
al-Kautsar secara pasangan atau kelompok
·
Mengaamati tata cara
shalat baik bacaan dan gerakan yang baik dan benar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna shalat
sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara shalat yang baik
dan benar
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mendiskusikan makna Q.S al-Kautsar
·
Secara individu
memperagakan tata
cara shalat yang baik dan benar
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang Q.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
·
Menguhubungkan pengetahuan tentang tata cara shalat yang baik dan benar dengan ibadah shalat yang dilakukan
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil belajar tentang makna shalat sebagai wujud dari
pemahaman Q.S. al-Kautsar
·
Menyampaikan hasil belajar tentang tata cara shalat yang baik dan benar dengan ibadah shalat yang dilakukan
sehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Melakukan pengamatan terhadap
Q.S.
al-Kautsar terkait dengan ibadah shalat
· Melakukan pengamatan terhadap tata cara
shalat yang baik dan benar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materi Q.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
-
Sikap dalam
diskusi tentang tata
cara shalat yang baik dan benar
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil
diskusi terkait dengan makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S
al-Kautsar
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: - makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Non tes
-
Praktik tata
cara shalat yang baik dan benar
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
· Buku Pedoman Salat
· Gambar/ Poster
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.5 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat
secara benar
|
Makna zikir
dan doa setelah shalat
|
Mengamati
·
Menyimak makna
zikir dan doa setelah shalat
· Mengamati tata cara
zikir dan doa setelah shalat secara benar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang zikir dan doa setelah shalat
·
Mengajukan pertanyaan tentang tata cara zikir dan doa setelah
shalat secara benar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan makna zikir dan doa setelah
shalat sertab tata caranya
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna zikir
dan doa setelah shalat
·
Menguhubungkan pelajaran tentang makna zikir dan doa setelah shalat dengan tata cara berzikir dan berdoa sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang praktik berzikir dan berdoa sehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Melakukan pengamatan terhadap tata cara berzikir dan berdoa setelah
shalat yang baik dan benar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materi makna zikir dan doa setelah shalat
-
Sikap dalam
mempraktikkan tata cara berzikir dan berdoa setelah
shalat
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil
diskusi terkait dengan makna zikir dan doa setelah shalat
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: - makna zikir
dan doa setelah shalat
Non tes
Praktik tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat dengan baik dan benar
|
4 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
· Buku Pedoman Salat
· Gambar/ Poster
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.6
Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui
pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
4.6
Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah
shalat di rumah dan sekolah
|
Hikmah
ibadah shalat
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan hikmah
ibadah
shalat
· Mencermati cerita pengalaman
shalat di rumah dan sekolah
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang hikmah ibadah shalat seperti apa yang dialami atau dirasakan ketika
melakukan shalat
·
Mengajukan pertanyaan tentang tata cara shalat
yang baik dan benar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan hikmah ibadah shalat melalui
pengamatan dan pengalaman di rumah, sekolah, dan di tempat lain
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah shalat
·
Menguhubungkan pengalaman pengamalan ibadah shalat dengan kondisi tertentu seperti di rumah, sekolah, atau
tempat lain
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah ibadah shalat
·
Menyampaikan hasil pengamatan dan
pengalaman melakukan ibadah shalat di berbagai tempat
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Membuat cerita tentang pengalaman ibadah shalat di
rumah, sekolah, dan tempat lain
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materi hikmah ibadah shalat
-
Sikap dalam menyampaikan
dan mendengarkan cerita pengalaman ibadah shalat diberbagai tempat
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil
diskusi terkait dengan hikmah ibadah shalat di berbagai pengalaman dan tempat
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: - hikmah ibadah shalat
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
· Buku Pedoman Salat
· Gambar/ Poster
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.7 Mengetahui
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar
4.7.1 Membaca
kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.7.2 Menulis
huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.7.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
|
Kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
|
Mengamati
·
Mengamati kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar secara individu/pasangan/klasikal.
·
Mengamati bentuk huruf dalam kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr
dan Al-Kautsar individu/kelompok/klasikal
·
Mengamati hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan terkait bacaan, tulisan dan hafalan Q.S. An-Nashr
dan Al-Kautsar
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mendiskusikan tentang bacaan dan cara menulis kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan
hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menguhubungkan penguasaan tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
dengan yang diparaktikkan sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil belajar tentang membaca, menulis dan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membaca kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menulis kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menghafal Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat tulisan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
Tes tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan tentang: - Menulis kalimat-kalimat Q.S. An- Nashr
dan Al-Kautsar
Non tes
·
Membaca
·
Hafalan
|
4 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran al-Quran
·
Gambar/ Poster kalimat-kalimat
al-Quran surah An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.8 Mengetahui
perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.8 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon
pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
|
Tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
|
Mengamati
·
Menyimak makna sifat Allah Qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
· Mengamati makna Tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan
Iradah
·
Mengajukan pertanyaan tentang makna
Tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan dengan sikap dan perilaku warga
sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap dan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi,
wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sifat Allah
Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
-
Perilaku
tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah, dan Iradah
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian
tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
Pengertian
Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.9 Memahami
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar.
4.9 Mencontohkan
perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar.
|
Sikap
peduli terhadap sesama
|
Mengamati
·
Menyimak makna Q.S.
Al-Kautsar.
·
Menyimak makna peduli
terhadap sesama
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap peduli terhadap sesama
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan makna peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap peduli sesama dengan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap peduli sesama
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap peduli
sesama
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap peduli sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
·
Mendiskusikan pengertian sikap peduli sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku sikap peduli
sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap
peduli sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Sikap peduli sesama
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.10 Memahami
sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
4.10
Mencontohkan sikap bersyukur sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
|
Sikap
bersyukur
|
Mengamati
·
Menyimak makna Q.S. Ibrahim
ayat 7
·
Menyimak makna bersyukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Mengamti contoh
sikap
syukur
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap bersyukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan makna sikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang sikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap syukur dengan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap syukur
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap syukur
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim
ayat 7
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan;
·
Mendiskusikan pengertian sikap bersyukur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Pengertian
sikap sikap
syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Sikap syukur
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.11 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
|
Kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
|
Mengamati
·
Menyimak kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Mengamati isi kisah Nabi Yusuf a.s yang perlu diteladani (diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Yusuf a.s yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s dengan
perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
ringkasan kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap
keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Yusuf
a.s
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
· Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Yusuf
a.s
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi
dan Rasul
·
Gambar/ Poster sikap-sikap
terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.12 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
|
Kisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Mengamati isi kisah Nabi Syu‘aib a.s yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
Menanya
· Melalui motivasi
dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Syu‘aib
a.s
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Syu‘aib
a.s yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s (mengidentifikasi).
Asosiasi
· Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s dengan
perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap
teladan Nabi Syu‘aib a.s
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
ringkasan kisah keteladanan
Nabi Syu‘aib a.s
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusi kan kisah keteladanan
Nabi Syu‘aib a.s
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait
dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja
individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap
keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Syu‘aib
a.s
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Contoh-contoh
sikap keteladanan
Nabi Syu‘aib a.s
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran kisa-kisah 25
Nabi dan Rasul
·
Gambar/ Poster sikap-sikap
terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
3.13
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa
ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
|
Mengamati
·
Menyimak kisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Mengamati isi kisah Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang perlu diteladani (diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap
teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail
a.s. yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.
dan Nabi Ismail a.s. (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s. dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.
dan Nabi Ismail a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap
teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
ringkasan kisah keteladanan
Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusi kan kisah keteladanan Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap
keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap keteladanan rela berkorban Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran kisa-kisah 25
Nabi dan Rasul
·
Gambar/ Poster sikap-sikap
terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD
Interaktif /Video
|
|
3.14Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari
keteladanan Nabi Muhammad saw
4.14Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Sikap percaya
diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Mengamati
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw tentang sikap percaya diri
dan kemandirian
·
Mencermati sikap percaya diri dan kemandirian sebagai
wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw
·
Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap percaya
diri dan kemandirian Nabi Muhammad saw.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw tentang percaya diri
dan kemandirian dengan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah
sehari-hari terkait dengan sikap
teladan Nabi
Muhammad saw
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
ringkasan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw terkait dengan sikap percaya
diri dan kemandirian
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan
lembar observasi terkait dengan;
· Mendiskusikan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya
terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap
keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Muhammad saw
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Muhammad saw
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Muhammad saw
|
2 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls
III SD
·
Buku pelajaran kisa-kisah 25
Nabi dan Rasul
·
Gambar/ Poster sikap-sikap
terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar