Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD
Tahun
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Pertemuan
ke : 10,11,12,13
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
Indikator :
·
Menyelesaikan
masalah yang melibatkan operasi hitung (+); (-); (x); (:), akar dan pangkat
·
Menyelesaikan
soal cerita tentang akar pangkat tiga dan volume
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung (+); (-); (x); (:),
akar dan pangkat
·
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita tentang akar pangkat tiga dan volume
Materi
Pokok : Operasi hitung bilangan
bulat
Metode
Pembelajaran : Ceramah
, Tanya jawab
Model Pembelarana tipe : STAD (Student Teams Achievement
Divisions)
Langkah
– langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal
·
Guru mengucapkan salam dan berdo’a
·
Melakukan apersepsi dan muroja’ah tahfidz
·
Siswa
mendengarkan indikator dan kompetensi yang diharapkan dari materi
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi menjadi 6 kelompok yang anggotanya heterogen
·
Siswa
mendengarkan penjelasan mengenai menyelesaikan soal ceritan yang melibatkan
operasi hitung (+); (-); (x); (:), akar dan pangkat
·
Setiap
kelompok diberi soal cerita untuk dikerjakan dikelompoknya, dan anggota yang
sudah mengerti menjelaskan kepada teman-temanya di kelompoknya sampai semuanya
paham
·
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu.
·
Siswa
dan guru mengevaluasi kegiatan.
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami
·
Siswa
dibantu guru menarik kesimpulan tentang materi
·
Guru
memberikan kata – kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dalam proses
belajar dan memberikan kata-kata motivasi untuk terus giat belajar
· Pemberian
tugas individu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
-
Kurikulum,
Buku Matematika BSE, matematika penerbit Yudistira, Erlangga, Ganeca dan
LKS
Penilaian
- Bentuk
tes : Tulisan
-
Soal Tes
: Mengerjakan soal cerita di buku paket halaman 18 – 21
Penskoran
Skor
tiap soal = 2
Skor
maksimal = 30
Nilai
Akhir =
x 100
Parungpanjang, Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar