Senin, 19 Januari 2015

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KURIKULUM 2006)


Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester      :  5/1
Tema                    :  Benda-benda di Lingkungan Sekitar (T1)
Sub Tema              :  Wujud Benda dan Cirinya (ST1)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian.
• Menyelesaikan soal latihan peca­han biasa, campuran, desimal.
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
• Mengenal bentuk pecahan biasa.
• Mengenal bentuk pecahan cam­puran.
• Mengenal bentuk pecahan desimal.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan penga­ruh kegiatan manusia.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai peruba­han alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.
IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan bu­daya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
• Menyusun laporan secara ter­tulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
• Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
• Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
• Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
• Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.


D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
Tahapan meronce perubahan bentuk benda, kerusakan dan perubahan alam karena kegiatan manusia, kerusakan dan perubahan alam karena kegiatan manusia.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
Buku, teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.     Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.     Kegiatan Inti
• Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai.
• Siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat .
• Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar.
• Siswa mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.
- Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya ke dalam tabel.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
• Siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
• Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Siswa membaca bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa Begitu?
Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
• Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
• Setelah membaca dan memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda.
Siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
1.   Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3.   Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4.   Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5.   Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6.   Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7.   Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
    Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk . Fokus penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan campuran.
    Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
• Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
• Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen. Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
• Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
• Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep bentuk pecahan desimal. Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk desimal dan mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa.
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
• Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal.
• Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda.
• Dengan bantuan orang tuanya, siswa menyebutkan contoh-contoh perubahan wujud benda yang terjadi, dalam kehidupan sehari-harinya.

Pengayaan
Lakukan kegiatan berikut:
1. Carilah gambar yang menujukkan adanya proses daur air.
2. Temukan perubahan wujud benda pada proses tersebut.
       3. Jelaskan pada kolom berikut: .................................................

c.      Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.      Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.     Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.     Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.     Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.     Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, .......... 20...
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar