Selasa, 13 Januari 2015

RPP Tematik Tema 6 Kelas 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan  :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/2
                       Tema                       :  Organ Tubuh Manusia dan Hewan (T6)
                       Sub Tema                :  Cara Hidup Manusia, Hewan dan Tumbuhan (ST3)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
• Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
Kompetensi Dasar:
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
• Menuliskan hasil praktik fotosintesa.

Matematika
Kompetensi Dasar:
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
Indikator:
• Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
• Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
• Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
• Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
Kompetensi Dasar:
4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
Indikator:
• Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
• Menghitung luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak.
• Menentukan rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan mencermati gambar, siswa mampu mengidentifikasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan cermat.
• Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menuliskan kesimpulan bacaan tentang tumbuhan.
• Dengan mencermati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bahwa manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas dengan percaya diri
  Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu menunjukkan akibat-akibat terganggunya sistem pernapasan.
• Dengan mencermati gambar dan permasalahan matematika, siswa mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
• Dengan mengolah informasi dari soal latihan yang disajikan, siswa mampu menghitung luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak.
  Dengan mengerjakan soal latihan, siswa mampu menentukan rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
Bacaan tentang tumbuhan
Manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas
Akibat-akibat terganggunya sistem pernapasan pernyataan matematika secara lisan, tertulis
• Luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 SD/MI Semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku guru, buku siswa, gambar berbagai tumbuhan, gambar berbagai benda berbentuk
balok, bacaan penunjang.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.                         Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.                         Kegiatan Inti
• Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan.
• Guru memberi stimulus dengan mengajukan pertanyaan, “Tahukah kalian bagian-bagian dari tumbuhan?”
• Siswa mengamati gambar tanaman tomat, kemudian menuliskan pendapatnya mengenai bagian-bagian dari tanaman tomat. (Kegiatan Membaca)
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk teks bacaan yang ada.
• Kemudian, siswa menyimpulkan isi bacaan yang sebelumnya dilakukan diskusi dengan teman sebangku sehingga mereka dapat saling bertukar pendapat dengan cara yang santun.
• Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan bagian-bagian dari tumbuhan.
• Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan menunjukkan gambar pohon besar.
• Kemudian, siswa menggali informasi dengan cara berdiskusi mengenai fungsi pohon.
• Guru membimbing siswa dalam berdiskusi dan menyimpulkan fungsi pohon bagi kehidupan.
• Siswa menuliskan fungsi pohon bagi kehidupan.
• Siswa mengamati benda-benda kerajinan berbentuk balok.
• Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang disajikan dalam buku siswa.
• Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dalam uraian cerita persoalan matematika.
• Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai cara pengukuran luas balok.
• Siswa dapat menyelesaikan persolan-persoalan matematika yang disajikan.
• Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan soalsoal latihan yang berkaitan dengan konsep pengukuran luas balok.

c.                          Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.      Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.     Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.     Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
  1. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.     Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, ...................... 20.......
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….


Lampiran Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang () di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Tanggung Jawab
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.

2. Pengetahuan

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik ...
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






b. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian ...
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






c. Penilaian: unjuk kerja
    Rubrik ....
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






d. Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Percaya Diri
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2.
Teliti
3.
Peduli
4.
Tanggung Jawab
5.
Santun

e. Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

Tes tertulis
Tes uraian

  1.  

Tes tertulis

Tes uraian



  1.  

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar