Kamis, 23 Oktober 2014

Buku Siswa PAI SD KLS 1 K13 Edisi Revisi

Pendidikan
Agama Islam
dan Budi Pekerti
EDISI REVISI 2014
SD/MI
Kelas
I
ii Kelas 1 SD/MI Edisi Revisi
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Dilindungi Undang-Undang
MILIK NEGARA
TIDAK DIPERDAGANGKAN
Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka
implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah
koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal
penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki,
diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.
Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--
Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
iv, 76 hlm. : ilus.; 29.7 cm.
Untuk SD / MI Kelas I
ISBN 978-602-282-182-3 (jilid lengkap)
ISBN 978-602-282-183-0 (jilid 1)
1. Islam -- Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
297.07
Kontributor naskah : Ahmad Hasim dan Otong Jaelani.
Penelaah : Ismail SM. dan Yusuf A. Hasan.
Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Cetakan Ke- 1 , 2013
Cetakan Ke- 2 , 2014 ( Edisi Revisi )
Disusun dengan huruf Baar Metanoia, 16 pt.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti iii
Kata Pengantar
Semata-mata (Innama) misi pengutusan Nabi adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan
dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang
kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang
menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar.
Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia.
Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang
paling baik akhlaknya”1 dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”2
Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi
bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur
alam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang
utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan
bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta
semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi
ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami
pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang
sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan
ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk
kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapatkan tanggapan
yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal
mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan
seterusnya. Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurnaan dari edisi pertama. Buku ini
sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang
para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi
berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat
memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi
seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Januari 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Nuh
1 HR Abu Daud dan Imam Ahmad
2 HR Imam Ahmad
Kelas 1 SD/MI Edisi Revisi
Daftar Isi
Kata Pengantar............................................................................................... iii
Daftar Isi ........................................................................................................ Iv
Pelajaran 1. Kasih Sayang......................................................................... 1
Pelajaran 2. Aku Cinta al-Qur’an ............................................................ 7
Pelajaran 3. Iman kepada Allah Swt. ................................................... 15
Pelajaran 4. Bersih itu Sehat................................................................. 20
Pelajaran 5. Cinta Nabi dan Rasul........................................................ 30
Pelajaran 6. Ayo Belajar........................................................................ 45
Pelajaran 7. Ayo Belajar al-Qur’an........................................................ 48
Pelajaran 8. Allah Swt. Maharaja ......................................................... 53
Pelajaran 9. Ayo Kita Salat ..................................................................... 57
Pelajaran 10. Perilaku Terpuji ................................................................... 62
Daftar Pustaka ............................................................................................. 75
iv
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 1
Kasih Sayang
Pelajaran 1
Allah Maha Pengasih dan Penyayang.
Amati dan ceritakan gambar berikut
2 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Muhammad Rasulullah
menyayangi umatnya.
Sikapku
Aku cinta Rasulullah saw.
Hari Raya Idul Fitri tiba.
Anak-anak bergembira.
Ketika Rasulullah pulang,
ada anak menangis.
Rasulullah berkata,
jangan menangis anakku.
Aku menjadi ayahmu.
A. Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
Salawat Badar
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk Nabi Muhammad
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk kekasih Allah
Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 3
Ayo Kerjakan
Amati gambar berikut
Ayo
Kerjakan ..
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku cinta Rasulullah saw.
2. Nabi Muhammad saw teladanku.
3. Aku selalu berbuat baik.
4. Aku selalu menolong teman.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Ceritakan isi gambar di atas
4 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Amati gambar berikut
Ceritakan isi gambar ini
Ar-Rahman dan ar-Rahim termasuk Al-Asmaul Al-Husna.
Nama-nama Allah yang baik.
Ar-Rahman artinya Maha Pengasih.
Kita wajib bersyukur kepada Allah Swt.
1
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
B. Kasih Sayang Allah Swt.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 5
2
Ar-Rahim artinya Maha Penyayang.
Kasih sayang dalam kehidupan.
Peduli terhadap
alam sekitar
Kasih sayang
kepada diri
sendiri
Kasih sayang
kepada teman
Lafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim
Ceritakan kasih sayang dalam keluargamu
Ayo
Kerjakan ..
Ayo Kerjakan
Aku menyayangi keluargaku dan
semua temanku.
Sikapku
6 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
1. Ar-Rahman artinya ....
2. Ar-Rahim artinya ....
Tugas Kelompok
Ayo
Kerjakan ..
Carilah 5 teman mu dan duduklah berkelompok.
Bicarakan bersama,
apa yang sebaiknya kalian lakukan
bila temanmu sakit?
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku bisa menyebutkan arti ar-Rahman.
2. Aku bisa menyebutkan arti ar-Rahim.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
caKroi mteentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 7
Amati gambar berikut
dan ceritakan
Aku suka membaca al-Qur’an.
al-Qur’an kitab suci
umat Islam.
Pelajaran 2
Aku Cinta
al-Qur’an
8 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku membaca basmalah sebelum mandi.
2. Aku membaca basmalah sebelum berpakaian.
3.
Aku membaca basmalah sebelum berangkat
sekolah.
4. Aku membaca basmalah sebelum belajar.
A. Membaca Basmalah
Sikapku
Setiap memulai pekerjaan
aku membaca basmalah.
Ayo Kerjakan
Bacakan basmalah
di depan temanmu!
Ayo
Kerjakan ..
Ayo membaca basmalah bersama
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 9
Sebelum kamu melafalkan
mari mulai dengan
tepuk tangan al-Fatihah.
Tepuk al-Fatihah (tepuk tangan 3x)
Q.S. kesatu (tepuk tangan 3x)
Al-Fatihah (tepuk tangan 3x)
Artinya (tepuk tangan 3x)
Pembukaan (tepuk tangan 3x)
Jumlahnya (tepuk tangan 3x)
Tujuh ayat (tepuk tangan 3x)
Diturunkan (tepuk tangan 3x)
Di Mekkah (tepuk tangan 3x)
Tepuk Tangan Islami
Coba membaca basmalah sebelum menulis.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
B. Melafalkan Q.S. al-Fatihah
10 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ayo lafalkan Q.S. al-Fatihah bersama
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 11
Aku lafalkan sendiri
Q.S. .
Menghafal Q.S.
al-Fatihah itu mudah.
Coba hafalkan ayat per ayat.
Amati pelafalan gurumu!
C. Menghafal Surah
Sikapku
Ayo Kerjakan
Lafalkan Q.S. al-Fatihah dengan temanmu
Ayo
Kerjakan ..
Sikapku
Aku harus hafal Q.S. al-Fatihah.
Ayo Kerjakan
Hafalkan Q.S. ! lakukan secara bergantian!
Ayo
Kerjakan ..
al-Fatihah
Al-Fatihah
al-Fatihah
12 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Q.S. al-Fatihah
berisi pesan
kasih sayang Allah Swt,
agar kita taat, dan selalu memohon
kepada Allah Swt.
No. Uraian Sudah Belum
1. Aku hafal Q.S. al-Fatihah:
ayat pertama
ayat kedua
ayat ketiga
ayat keempat
ayat kelima
ayat keenam
ayat ketujuh
2. Aku tahu pesan Q.S. al-Fatihah.
1. Pesan Q.S. al-Fatihah adalah....
2. Kita berdoa hanya kepada....
Beri tanda () di kolom sudah atau belum.
Insya Allah
aku bisa
D. Pesan Q.S.
Sikapku
Aku harus berakhlak baik.
Ayo Kerjakan
Sebutkan pesan-pesan Q.S.
Ayo
Kerjakan ..
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Al-Fatihah
al-Fatihah
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 13
Huruf hijaiyyah ada 29
1. Lafal huruf hijaiyyah
E. Lafal Huruf Hijaiyyah
dan Harakatnya
2. Contoh huruf hijaiyyah dan harakatnya
= a = i = u
No.
Huruf
Hijaiyyah
Dibaca No.
Huruf
Hijaiyyah
Dibaca
1. alif 16 ta
2. ba 17 za
3. ta 18 ‘ain
4. 19 gain
5. jim 20 fa
6. ha 21 qaf
7. kha 22 kaf
8. dal 23 lam
9. zal 24 mim
10. ra 25 nun
11. zai 26 wau
12. sin 27 ha
13. syin 28 hamzah
14. 29 ya
15. dad
sad
sa
14 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
No. Uraian Sudah Belum
1. Aku bisa melafalkan huruf hijaiyyah.
2. Aku bisa melafalkan harakat huruf hijaiyyah.
Beri tanda () di kolom sudah atau belum.
Insya Allah
aku bisa
Sikapku
Aku senang melafalkan huruf hijaiyyah.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Amati huruf hijaiyyah
Lafalkan hurufnya secara bergantian
Komentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Bersama temanmu,
lafalkan huruf hijaiyyah secara berurutan
Tugas Kelompok
Ayo
Kerjakan ..
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Coba lafalkan huruf hijaiyyah perlahan-lahan
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 15
Iman kepada
Allah Swt.
Kita wajib beriman kepada Allah Swt.
Allah Swt. menciptakan
alam semesta
untuk manusia.
Amati dan ceritakan gambar berikut
Pelajaran 3
A. Yakin Allah Swt. itu Ada
16 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
No. Uraian Sudah Belum
1. Aku percaya Allah Swt. itu ada.
2. Aku percaya alam ini ciptaan Allah Swt.
3. Aku harus memelihara lingkungan.
4. Aku bersyukur kepada Allah Swt.
1. Alam semesta bukti adanya....
2. Allah Swt. menciptakan alam untuk....
3. Kita harus... karena diciptakan Allah Swt.
4. Kita beribadah karena iman kepada....
Beri tanda () di kolom sudah atau belum
Agamaku Islam, Islam agamaku
Kalau bukan Islam, bukan agamaku
Tuhan saya satu, satu Tuhan saya
Kalau tidak satu, bukan Tuhan saya
Tuhan saya Allah, Allah Tuhan saya
Kalau bukan Allah, bukan Tuhan saya
(nada lagu: Topi Saya Bundar)
Agamaku Islam
Insya Allah
aku bisa
Insya Allah
aku bisa
Aku percaya
dan yakin
Allah itu ada.
Sikapku
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan ciptaan Allah Swt.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 17
Lihat diri sendiri.
Lihat gambar ini.
Tanyakan pada temanmu,
nama dan manfaat
setiap anggota tubuh.
1.
Allah Swt. yang
menciptakan itu semua.
Coba ceritakan tentang keluargamu
2. Lihat lingkungan di sekitar rumah.
Amati gambar ini
B. Allah Swt. itu Esa
Sikapku
Aku bersyukur kepada
Allah Swt. karena diberi
anggota tubuh.
Ceritakan manfaat
mata, hidung, mulut,
telinga, dan tangan
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
18 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Lihat lingkungan di sekitar sekolah.
3.
Sikapku
Aku bersyukur kepada Allah Swt.
keluargaku bahagia.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Ceritakan kegiatan
keluargamu di rumah
Sikapku
Aku percaya dan yakin Allah Maha Esa.
Guruku selalu
membimbing membaca,
menulis, berhitung dan
mengaji.
Aku senang bermain
bersama temanku.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 19
No. Uraian Ya Tidak
1.
Aku bersyukur kepada Allah Swt. diberi
anggota tubuh.
2. Aku bersyukur mempunyai keluarga.
3. Aku senang belajar bersama guruku.
4. Aku senang punya banyak teman.
1. Sebutkan lima anggota tubuhmu....
2. Mata gunanya untuk....
3. Kepada orang tua kita harus...
4. . Dengan saudara di rumah kita harus….
5. Kepada guru kita harus….
Insya Allah
aku bisa
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Apa yang kamu senangi
dari temanmu?
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
caKroi mteentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
20 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Bersih itu
Sehat
Amati dan ceritakan
gambar ini
Sebelum beribadah kita wajib bersuci.
Allah Swt. mencintai
orang yang bersih dan suci.
Pelajaran 4
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 21
Arti bersuci
Bersuci menghilangkan kotoran.
Badan, pakaian, dan tempat salat
harus bersih.
Bersuci dengan air.
Bila tidak ada air
boleh dengan debu atau batu.
Macam-macam bersuci
Mandi
Badan kotor harus mandi.
Dengan mandi kita bersih dan sehat.
Istinja’
Istinja’ membersihkan kotoran,
setelah buang air kecil atau besar.
1.
2.
Aku harus membersihkan badan,
pakaian, dan tempat salat.
Sikapku
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan macam- macam bersuci
A. Bersuci
22 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Apa arti bersuci?
Apa saja macam-macam bersuci?
1. Bersuci adalah....
2. Membersihkan badan dengan air disebut...
3. Membersihkan kotoran
setelah buang air kecil atau
setelah buang air besar disebut....
4. Kita bersuci dengan ....
5. Kita bersuci supaya ....
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku tahu arti bersuci.
2. Aku tahu arti istinja’.
3. Aku biasa mandi.
4. Aku tahu manfaat mandi.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 23
Cara Mandi
Mandi dimulai dengan membaca basmalah.
Bersihkan anggota badan
dengan air dan sabun sampai bersih.
Setelah selesai keringkan dengan handuk.
Cara Istinja’
Setelah buang air kecil
atau air besar
bersihkan dengan air,
1.
2.
Ayo Kerjakan Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan tata cara mandi
B. Tata Cara Bersuci
kertas tisu, atau batu.
24 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ceritakan gambar di atas
Bersih pangkal sehat.
Bersih bagian dari iman.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku mandi sendiri.
2.
Aku bersuci setelah buang air kecil
dan air besar.
3. Mandi itu sehat.
Amati gambar ini!
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
KAMAR MANDI
C. Hidup Bersih
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 25
Sikapku
Bersih itu sehat.
1. Bersih badan
Biasakan mandi dua kali sehari.
Tangan harus bersih
Menggosok gigi
dengan benar
Kuku yang panjang
harus dipotong.
26 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Pakaian harus bersih
Pakaian kotor harus dicuci.
Pakaian harus rapi.
Barang-barang harus rapi dan bersih
Alat makan harus dicuci bersih.
Piring, sendok, dan garpu
harus dicuci bersih.
Alat belajar harus bersih.
Buku, lemari, dan meja belajar harus bersih.
2.
3.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 27
Bersih tempat
Rumah yang sehat
disapu setiap hari
agar selalu bersih.
Halaman harus bersih dari sampah.
Tempat ibadah
juga bersih.
Tempat tidur harus
kita bersihkan dan
kita rapikan.
4.
28 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Sikapku
Aku membantu orang tuaku di rumah.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Amati gambar ini
Ceritakan gambar di atas
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku mandi setiap hari.
2. Aku membuang sampah pada tempatnya.
3 Aku selalu merapikan tempat tidurku
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 29
Amati gambar ini
Tugas Kelompok di Sekolah
Bersama lima temanmu.
Lakukan kegiatan bersih-bersih
di sekolah, kemudian ceritakan.
Ceritakan gambar di atas
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
caKroi mteentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
30 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Cinta Nabi
dan Rasul
Nabi dan Rasul adalah utusan Allah Swt.
Mereka mengajar akhlak mulia.
Agar manusia hidup selamat dan bahagia
di dunia dan akhirat.
Sikapku
Aku meminta maaf apabila berbuat salah.
Pelajaran 5
Satu-satu aku cinta Allah
Dua-dua cinta Rasulullah
Tiga-tiga cinta orang tua
Satu, dua, tiga jalan masuk surga
(nada lagu: Satu-satu Aku Sayang Ibu)
Jalan Masuk Surga Insya Allah
aku bisa
Nabi Adam a.s. adalah manusia pertama.
Dia selalu taat kepada Allah Swt.
Dia bertobat ketika berbuat salah.
A. Teladan Nabi Adam a.s.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 31
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Amati gambar ini
Ceritakan gambar di atas
Insya Allah
aku bisa
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku mohon maaf jika aku salah.
2. Aku memaafkan kesalahanmu.
32 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ayo kawan coba jawab
Sifat Rasul ada berapa
Ada empat itu jumlahnya
Marilah kita sebutkan
Sifat sidik artinya benar
Amanah dapat dipercaya
Sifat tabligh menyampaikan
Fathanah cerdas artinya
(oleh: Abu Rifqy)
..
(nada lagu: salawat/Band Wali)
Sifat Rasul Insya Allah
aku bisa
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
1. Salah satu sifat terpuji Nabi Adam a.s. adalah....
2. Ketika Nabi Adam a.s. berbuat salah ia melakukan....
3. Manusia pertama diciptakan Allah Swt. adalah….
4. Nabi Adam a.s. mohon ampun kepada….
5. Jika temanmu meminta maaf maka kamu....
6. Coba ceritakan kisah teladan Nabi Adam a.s.
Ayo Bernyanyi Islami
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 33
B. Teladan Nabi Nuh a.s.
Nabi Nuh a.s. adalah utusan Allah
ia taat kepada Allah Swt.
Ia suka bekerja keras.
Sikapku
Aku selalu bekerja keras.
Amati gambar ini
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Ceritakan gambar di atas
34 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Insya Allah
aku bisa
1. Salah satu sifat terpuji Nabi Nuh a.s. adalah....
2. Nabi Nuh a.s. selalu… kepada Allah Swt.
3. Coba ceritakan kisah teladan Nabi Nuh a.s.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku belajar sungguh-sungguh.
2. Aku berdoa kepada Allah Swt.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 35
C. Teladan Nabi Hud a.s.
Nabi Hud a.s. adalah utusan Allah swt.
Ia santun dan berbudi luhur.
Nabi Hud a.s. taat kepada Allah Swt.
ia tidak mudah marah.
Sikapku
Aku selalu bersikap sopan.
Amati gambar ini
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Ceritakan gambar di atas
36 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Insya Allah
aku bisa
1. Sebutkan sifat terpuji Nabi Hud a.s.
2. Sejak kecil Nabi Hud a.s. mempunyai sikap....
3. Coba ceritakan kisah teladan Nabi Hud a.s.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku berkata sopan.
2. Aku menerima nasihat.
3. Aku tidak mudah marah.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Komentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 37
Ayo Belajar
A. Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
Nabi Idris a.s. utusan Allah Swt.
Ia nabi yang pandai.
Sejak kecil Nabi Idris a.s. rajin belajar.
Pelajaran
6
Al-Qur’an menyuruh kita selalu belajar.
Rajinlah belajar
Belajar pangkal pandai
Sikapku
Aku selalu rajin belajar.
38 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Insya Allah
aku bisa
Beri tanda ()di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku rajin belajar.
2. Aku ingin pandai.
Ceritakan gambar di atas
Amati gambar ini
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 39
1. Sebutkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
2. Nabi Idris a.s. sejak kecil rajin....
3. Nabi Idris a.s. Nabi yang pandai karena....
4. Rajin belajar adalah anjuran dalam....
5. Coba ceritakan kisah teladan Nabi Idris a.s.
Ya Allah, tambahkan ilmu kepadaku
dan beri aku pemahaman.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Artinya:
B. Doa Belajar
Doa Sebelum Belajar
40 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Doa Sesudah Belajar
Artinya:
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Sikapku
Sebelum dan sesudah belajar,
aku selalu berdoa.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebelum dan sesudah belajar,
bacalah doa
Lakukan bersama temanmu
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 41
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Bila kau ingin cerdas
Ayo belajar (tepuk tangan 3 kali)
Bila kau ingin pintar
Ayo belajar (tepuk tangan 3 kali)
Bila kau ingin cerdas
Bila kau ingin pintar
Ayo giat belajar,
dan berdoa (tepuk tangan 3 kali)
(oleh: Abu Rifqy)
(nada lagu: Bila Kau Suka Hati)
Ayo Belajar Insya Allah
aku bisa
Ayo Bernyanyi dan Bertepuk
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku hafal doa sebelum belajar.
2. Aku bisa mengartikan doa sebelum belajar.
3. Aku hafal doa sesudah belajar.
4. Aku hafal arti doa sesudah belajar.
5. Aku selalu berdoa sebelum belajar.
6. Aku selalu berdoa sesudah belajar.
42 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
1. artinya....
2. artinya....
3. artinya....
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 43
C. Membaca dan Menulis
Manusia diciptakan oleh Allah Swt.
Manusia diberi akal.
Sehingga dapat
membaca dan menulis.
Sikapku
Aku percaya dan yakin Allah Swt.
yang menciptakan manusia.
44 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ceritakan gambar di atas
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Ayo Kerjakan
Amati gambar berikut
Ayo
Kerjakan ..
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu belajar membaca.
2. Aku selalu belajar menulis.
3. Aku selalu belajar bersama teman.
Insya Allah
aku bisa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 45
1. Anak yang rajin membaca
dan menulis akan....
2. Anak yang dapat membaca dan menulis adalah....
3. Supaya pandai, kita harus dapat... dan....
D. Rajin Belajar
Ali rajin belajar
Fatimah rajin belajar
Ali dan fatimah
menjadi anak pintar
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
46 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Sikapku
Aku selalu rajin belajar.
Ayo Kerjakan
Amati gambar berikut.
Ceritakan gambar di atas
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 47
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku rajin belajar.
2. Aku rajin menulis.
3. Aku suka membaca.
Tugas
Ayo
berlatih ..
Ceritakan kegiatan
anak yang rajin belajar
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
cari te
Komentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
48 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ayo Belajar
al-Qur’an
Pelajaran 7
Di sini al-Qur’an di sana al-Qur’an
Di mana-mana baca al-Qur’an
Di kelas baca, di rumah baca
Di mana-mana baca al-Qur’an
La la la la..lalala...lalalalalalalala
(nada lagu: Di Sini Senang
Di Sana Senang)
Baca al-Qur’an Insya Allah
aku bisa
Dengarkan dan tirukan gurumu ketika melafalkan
A. Berikut Adalah Lafal Q.S. al-Ikhlas
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 49
Sikapku
Aku melafalkan sendiri Q.S. al-Ikhlas.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Lafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan temanmu
mengafal Q.S. al-Ikhlas
itu mudah.
Ayo hafalkan ayat per ayat
Ayo
Kerjakan ..
B. Hafal Q.S. Al-Ikhlas
50 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Q.S. al-Ikhlas berisi pesan
iman kepada Allah Yang Maha Esa.
Kepada Allah kita meminta pertolongan.
Sikapku
Aku harus hafal Q.S. al-Ikhlas.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Hafalkan Q.S. al-Ikhlas,
lakukan secara bergantian
C. Pesan Q.S. Al-Ikhlas
Sikapku
Aku percaya dan yakin Allah Maha Esa.
Ayo kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan pesan-pesan
Q.S. al-Ikhlas
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 51
1. Pesan Q.S. al-Ikhlas tentang....
2. Q.S. al-Ikhlas menjelaskan Allah Maha....
3. Kita beribadah kepada....
4. Allah Maha Esa artinya....
No. Uraian Sudah Belum
1. Aku sudah hafal Q.S. al-Ikhlas:
ayat pertama
ayat kedua
ayat ketiga
ayat keempat
2. Aku sudah tahu pesan Q.S. al-Ikhlas.
Insya Allah
aku bisa
Beri tanda () di kolom sudah atau belum.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
52 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Lafalkan Q.S. al-Ikhlas
secara bergantian bersama tiga
temanmu
Tugas Kelompok
Ayo
Kerjakan ..
Komentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 53
Allah Swt.
Maharaja
A. al-Malik
Allah Maharaja.
Dia menguasai alam semesta.
Pelajaran 8
Ceritakan gambar ini
Siapa penciptanya?
Ayo
Kerjakan ..
Sikapku
Aku percaya dan yakin Allah Swt. Maharaja.
Amati gambar ini
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
54 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku tahu arti al-Malik.
2. Aku percaya alam semesta milik Allah Swt.
1. Sebutkan arti al-Malik....
2. Allah menguasai....
3. Penguasa alam semesta adalah.....
Insya Allah
aku bisa
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Allah taala Maharaja
Menciptakan kita semua
Menciptakan alam semesta
Semuanya tunduk kepadanya
Kita semua sebagai hamba
Wajib mengabdi pasrahkan diri
Selalu berdoa dan berharap
Hidup selamat dunia akhirat
(oleh: Abu Rifqy)
(nada lagu: Indung-indung)
Allah Maharaja Insya Allah
aku bisa
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Ayo Bernyanyi
Ayo
berlatih ..
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 55
B. Dua Kalimat Syahadat
Lafal dua kalimat syahadat.
Lafalkan perlahan-lahan
aku bersaksi
bahwa tiada Tuhan selain Allah.
aku bersaksi
bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku bisa melafalkan dua kalimat syahadat.
2. Aku hafal dua kalimat syahadat.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
1.
2.
Aku percaya Allah Swt. adalah Tuhanku.
Muhammad adalah nabi dan rasulku.
Sikapku
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Lafalkan dua kalimat syahadat
berulang-ulang sampai hafal
artinya:
artinya:
56 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Apa arti kalimat ini?
Aku (tepuk tangan 3x)
Anak salih (tepuk tangan 3x)
Rajin salat (tepuk tangan 3x)
Rajin mengaji (tepuk tangan 3x)
Cinta Islam (tepuk tangan 3x)
Sampai mati (tepuk tangan 3x)
Laa ilaaha illallah, Muhammadur rasulullah
Islam... Islam... Yess!
Tepuk Anak Salih
Insya Allah
aku bisa
3. Aku bisa mengartikan dua kalimat syahadat.
4. Aku percaya Allah adalah Tuhanku.
5.
Aku percaya Muhammad adalah nabi dan
rasulku.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Kcoarmi teentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Ayo Bernyanyi dan Bertepuk
1.
2.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 57
Ayo Kita Salat
Pelajaran 9
Salat Zuhur
4 rakaat
Salat Magrib
3 rakaat
Salat Asar
4 rakaat
Salat Isya
4 rakaat
Salat Subuh
2 rakaat
Umat Islam
wajib salat 5 waktu
sehari semalam.
A. Salat Wajib
perhatikan gambar berikut ini


58 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Salat Subuh dua rakaat
Salat Zuhur empat rakaat
Salat Asar empat rakaat
Salat Magrib tiga rakaat
Salat Isya empat rakaat
Semua tujuh belas rakaat
dilakukan dengan taat
(oleh: Abu Rifqy)
(nada lagu: Tanjung Perak)
Rakaat Salat Insya Allah
aku bisa
Ayo Bernyanyi Islami
Ayo
berlatih ..
Sikapku
Aku selalu melakukan salat 5 waktu.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan salat wajib 5 waktu
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku hafal nama-nama Salat 5 waktu.
2. Aku hafal jumlah rakaat Salat 5 waktu.
3. Aku selalu melaksanakan Salat 5 waktu.


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 59
1. Salat yang jumlah rakaatnya tiga adalah….
2. Salat Asar berjumlah… rakaat.
3. Salat wajib 2 rakaat adalah….
4. Salat Asar dilaksanakan setelah Salat....
5. Salat wajib 4 rakaat adalah Zuhur, Asar, dan ....
6. Dalam sehari semalam kita mengerjakan Salat
sebanyak… rakaat.
7. Salat sehari semalam sebanyak... kali.
8. Salat Isya dilaksanakan setelah salat....
9. Salat merupakan ibadah wajib umat....
10. Salat... dilaksanakan pada siang hari.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..




60 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Alangkah senangnya
aku mengaji bersama teman.
Orang tua dan guruku
mengajariku mengaji.
B. Mengaji di sekitar Rumah
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Amati gambar ini
Ceritakan gambar di atas
Sikapku
Aku selalu mengaji bersama teman.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 61
Amati kegiatan salat di rumahmu
Amati kegiatan mengaji di lingkungan
Kemudian ceritakan kepada temanmu di kelas
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku rajin mengaji.
2. Aku rajin salat.
Tugas Kelompok
Ayo
Kerjakan ..
Kcaormi teentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
62 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Perilaku
Terpuji
A. Berkata yang Baik
Allah perintahkan kita berkata baik,
sopan, dan santun.
Berkata yang baik adalah perilaku terpuji.
Rajin Pangkal Pandai
Hormati Orang Tua dan Guru
Pelajaran 10
Sikapku
Aku selalu berkata baik dan sopan.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 63
Contohkan minta izin ke luar kelas dengan santun
Amati dan ceritakan gambar berikut
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu berkata benar.
2. Aku selalu berkata santun.
Insya Allah
aku bisa
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Assalãmu’alaikum
Wa'alaikum salãm
64 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ayah dan ibu
adalah orang tua kita.
Kita harus patuh dan hormat kepadanya.
Hormat dan patuh adalah perilaku terpuji.
Amati gambar berikut
Ayo Kerjakan dan ceritakan!
Ayo
Kerjakan ..
Sikapku
Aku selalu patuh pada orang tua.
B. Hormat dan Patuh
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 65
Insya Allah
aku bisa
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku berkata sopan.
2. Aku berdoa untuk orang tuaku.
3. Aku patuh pada orang tuaku.
Kita harus hormat kepada guru.
Contohkan cara
minta izin
pergi ke sekolah
kepada orang tua
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
66 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Aku selalu hormat kepada guru.
Amati dan ceritakan gambar berikut
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Sikapku
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu mendengar penjelasan guru.
2. Aku selalu mengerjakan tugas dengan baik.
Insya Allah
aku bisa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 67
Bersyukur kepada Allah Swt.
mengucapkan alhamdulillãh
dan beramal baik
setiap saat.
itulah perilaku terpuji.
Kotak Amal
Alhamdulillãh
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Peragakan sikap
sopan kepada guru
C. Bersyukur
Aku selalu mengucapkan
alhamdulillãh.
Sikapku
68 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Ceritakan gambar di atas
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu mengucapkan alhamdulillãh.
2. Aku selalu beramal baik.
Amati gambar ini
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Insya Allah
aku bisa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 69
1. Ucapan hamdalah adalah....
2. Bersedekah adalah tanda bersyukur kepada....
3. Apabila mendapat nikmat kita ucapkan....
4. Bersyukur dengan cara beramal.....
Nabi Muhammad saw. teladan kita
ia pemaaf kepada semua umat manusia.
pemaaf adalah perilaku terpuji.
Bila orang lain
berbuat salah,
kita harus
memaafkan.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
D. Pemaaf
70 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Aku selalu minta maaf.
aku memaafkan orang lain
kalau mereka salah.
Sikapku
Contohkan cara minta maaf kepada temanmu
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu berhati-hati berbicara.
2.
Aku selalu minta maaf
jika berbuat salah.
3.
Aku selalu memaafkan
jika orang lain berbuat salah.
Insya Allah
aku bisa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 71
Amati dan ceritakan
gambar berikut
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Ceritakan pengalamanmu tentang sikap pemaaf
Tugas
Kcoarmi teentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
72 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Anak jujur disayang oleh Allah Swt.
disukai orang tua, guru,
dan teman.
Amati gambar ini
Ceritakan isinya
Menjawab pertanyaan guru dengan jujur.
E. Jujur
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 73
No. Uraian Ya Tidak
1. Aku selalu jujur mengerjakan ulangan.
2. Aku selalu berkata dan berbuat jujur.
3. Aku tidak suka berbuat curang.
4. Aku tidak suka berbuat bohong.
Insya Allah
aku bisa
Ini bukumu yang kutemukan
di lapangan upacara.
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Sikapku
Aku selalu berkata jujur.
Ayo Kerjakan
Ayo
Kerjakan ..
Sebutkan manfaat berbuat jujur
Ceritakan temanmu yang berbuat jujur
Amati dan ceritakan
gambar ini
74 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
no. Uraian Ya Tidak
1. Aku yakin pada kemampuan diri sendiri.
2. Aku yakin Allah memberikan kemudahan.
Insya Allah
aku bisa
Coba kenalkan dirimu
Beri tanda () di kolom ya atau tidak.
Anak yang
percaya diri
yakin pada
kemampuan
dirinya.
F. Percaya Diri
Sikapku
Aku yakin pada kemampuan diri sendiri.
Ayo Berlatih
Ayo
berlatih ..
Komentar orang tua
paraf
Tentang rubrik insya Allah aku bisa.
Amati dan ceritakan
gambar ini!
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 75
Daftar Pustaka
Abdurrahman, H.M. Masykuri dan Mokh. Syaiful Bakhri. 2006. Kupas Tuntas Shalat Tata Cara dan
Hikmahnya. Jakarta: Erlangga.
Abqary, Ridwan. 2009. 99 Kisah Menakjubkan dalam Al-Qur’an. Bandung: Mizan Media Utama.
Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ.
Jakarta: Arga.
Alfarisi, M. Zaka. 2005. Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul. Bandung: PT Mizan Bunaya Kreativa.
Alhamid, Zaid Husein. 1995. Kisah 25 Nabi dan Rasul. Jakarta: Pustaka Amani.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Karya Putra.
Faridl, Miftah. 2002. Doa Sebuah Petunjuk dan Contoh-contoh. Bandung: Pustaka.
Hitti, Philip K. 2002. History of The Arabs. Terjemahan. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Ismail SM. 2011. Strategi Pembelajaran PAI Berbasis PAIKEM. Cetakan ke-16. Semarang: Rasail.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
KMA nomor 437 tahun 2001.
Masykur, Abu Usamah dan Ummu Usamah ‘Aliyyah. 2009. Ayo Bersyukur. Yogyakarta: Cinta
Sunnah.
Mundziri, Al- , Al-Hafizh Zaki al-Din ‘Abd al-‘Azhim. 2002. Ringkasan Shahih Muslim. Bandung:
Mizan Media Utama.
Permendikbud No.54 Tahun 2013 tentang SKL.
Permendikbud No.64 Tahun 2013 tentang Standar Isi.
Permendikbud No.67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.
Rachman, M. Fauzi. 2007. Shalat for Character Building. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Rahman, Deddy dan Kosim Kusnadi. 1999. Kaifiyat Sholat Nabi SAW. Bandung: Majlis Ta’lim
Ibdaturrahman.
Rasjid, Sulaiman. 2003. Fiqh Islam (Hukum Fiqh Lengkap). Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
SK Kepala Balitbang Agama dan Diklat Keagamaan no. BD/01/2004.
SKB Menteri Agama RI dan Mendikbud RI no.158 tahun 1987 dan no. 0543 b/u/1987
Sobari, Anwar. 1996. Himpunan Doa Pilihan Anak-anak. Jakarta: Setia Kawan.
76 Kelas I SD/MI Edisi Revisi
Tim Anak Kita. 2012. Kisah dan Makna 99 Asmaul Husna untuk Anak. Jakarta: Anak Kita.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1981. Tarbiyatu ‘l-Aulad fi ‘l-Islam. Kairo: Daru‘s-Salam Li’th-
Thiba’ah wa ‘n-Nasyr wa’t-Tauzi’.
Usmani, Ahmad Rofi’. 2006. Mutiara Akhlak Rasulullah SAW. Bandung: PT Mizan Pustaka.
_________. 2007. Wangi Akhlak Nabi. Kisah-kisah tentang Teladan Rasulullah SAW.
Bandung: Mizan Media Utama.
Zabidi, Az- Imam. 2001. Ringkasan Shahih Al-Bukhari. Bandung: Mizan.
Zakaria, A. 2008. Tafsir Surat Al-Fatihah. Garut: Ibn Azka Press.
Zarnuji, Az- Syaikh. 1995. Ta’lim al-muta’allim Tariqatut ta’allum. Terjemahan. Surabaya: Mutiara
Ilmu.

Related Post: