Minggu, 26 Oktober 2014

PENILAIAN OTENTIK

Pengertian
Penilaian adalah bentukan dari kata dasar Pe-nilai-an berarti proses menilai.
Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi/bukti melalui pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi bukti2 hasil pengukura,
Penilaian Pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Otentik  atau autentik  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya dapat dipercaya, asli, nyata, valid, atau reliabel. Sedangkan pengertian Penilaian Otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (Output) pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Indonesia No 66 2013 tentang standar penilaian.

Proses Penilaian otentik mengungkapkan kinerja siswa yang mencerminkan bagaimana peserta didik belajar, capaian hasil, motivasi, dan sikap yang terkait dengan aktivitas pembelajarn, Penilaian ini membutuhkan waktu yang lama ketika mengumpulkan informasi. Namun demikian, akan dapat mengungkapkan kompetensi peserta didik yang sebenarnya, hal ini berbeda dengan penilaian tradisional yang dilakukan dalam waktu singkat, Penilaian autentik cenderung fokus pada tugas2 kompleks da kontekstual, yang memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam pengaturan yang lebih otentik. 


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar