Rabu, 29 Oktober 2014

Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)




Lampiran 2. Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta Didik   : ..............
Kelas/Semester          : I / Ganjil
Teknik Penilaian        : Penilaian antar Teman
Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.    Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
MK
MB
MT
BT
1.
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok





2.
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.





3.
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.





4.
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.





5.
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.





Jumlah Skor





Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
MB
MK
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- x  100  = ...
Skor maksimal

Catatan: 

MB =

Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MK = 

Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  = 

Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).











Lampiran 3. Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas/Semester        :    I / Ganjil
Kompetensi Dasar   :    3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
Indikator                  :    3.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
                                      3.1.2 Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
                                      3.1.3 Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah berharakat dengan benar

No.
Indikator
Instrumen
1.
Menyebutkan huruf hijaiyyah
Sebutkan Huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar!
2.
Menunjukkan huruf hijaiyyah
Tunjukkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar!
3.
Menunjukkan huruf hijaiyyah berharakat
Tunjukkan huruf hijaiyyah berharakat dengan baik dan benar!

RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
SL
L
S
KL
TL
1.
Menyebutkan huruf hijaiyyah






2.
Menunjukkan huruf hijaiyyah






3.
Menunjukkan huruf hijaiyyah berharakat






Jumlah Skor






Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- x  100  =   ......
Skor maksimal

Catatan Kriteia:
1. Sangat Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan lancar.
2. Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3. Sedang
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4. Kurang Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan kurang lancar
5. Tidak Lancar
:
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyyah













Lampiran 4. Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda () di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku biasa melafalkan huruf hijaiyyah


2.
Aku biasa melafalkan harakat huruf  hijaiyyah


3.
dst…..


Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, lafalkan huruf hijaiyyah secara
                             Berurutan

Lampiran 5. Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
Kelas / Semester      :    I / Ganjil
Kompetensi Dasar   :    4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
Indikator                  :    4.1.1 Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
                                      4.1.2 Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakatdengan benar
No.
Indikator
Instrumen
1.
Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah
Lafalkan huruf hijaiyyah dengan benar!
2.
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat
Lafalkan huruf hijaiyyah danharakatnya dengan benar!

RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
SL
L
S
KL
TL
1.
Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah






2.
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat






Jumlah Skor






Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- x  100  =   ....
Skor maksimal

Catatan Kriteia:
1. Sangat Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah/harakatnya dengan lancar.
2. Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah /harakatnya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3. Sedang
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah/harakatnya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4. Kurang Lancar
:
Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah/harakatnya dengan kurang lancar.
5. Tidak Lancar
:
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyyah/harakatnya.














Mengetahui,
Kepala SD.....



...............................................
NIP. ......................................
......................, ....................................
Guru PAI dan Budi Pekerti




.................................................
NIP. ........................................

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar